Jum’at (30/4/21) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Sleman mengadakan acara PELITA 1 (Pelatihan Cinta Al-Qur’an 1) yang dimulai pada tanggal 30 April – 2 Mei 2021 melalui Live Streaming Youtube dan Zoom.

Mengisi sambutan acara, Ketua DPD PKS Kabupaten Sleman Indra Gumilar, S.Si, berharap acara tersebut dapat terus berlanjut pada momentum-momentum berikutnya terutama di bulan suci Ramadhan. Selain itu, beliau juga mengajak masyarakat untuk menjadikan Al-Qur’an sebagai penawar, solusi dan rahmat bagi umat manusia.

“Kita menempa diri bersama alquran, kita bermujahadah, menyemai Al-Qur’an di tengah-tengah masyarakat. Seperti visi PKS menjadi partai yang rahmatan lil ‘alamin”. Ucapnya.

Dalam acara PELITA 1 tersebut, KH. Abdul Aziz Abdur Rouf, Lc. Al-Hafizh menjadi narasumber utama. Beliau merupakan pembina Markaz Al-Qur’an Indonesia sekaligus Anggota Majelis Syuro PKS.

Mengangkat salah satu kisah sahabat Rasulullah S.A.W yaitu Abu Thalhah, beliau mengisahkan tentang keteguhan hati seorang Abu Thalhah yang tetap pergi berjihad meskipun saat itu ia dalam keadaan lansia. Menurutnya, spirit alquran itu harus dimulai dari niat yang jujur kepada allah. Manusia harus betul-betul menjunjung tinggi instruksi dari allah. Menjadikan Al-Qur’an sebagai syafaat, pedoman hidup.

“Rasulullah mengatakan, Bacalah Al-Qur’an. Karena dihari kiamat nanti Al-Qur’an akan datang mendekati orang-orang yang bersahabat dengannya. Dan Allah akan membuka hati orang-orang yang bersahabat dengan Al-Qur’an untuk mudah memahami pesan-pesan dari Al-Qur’an”. Ucap Mudir LTQ Al-Hikmah Jakarta itu.

Dalam acara tersebut, disertai rangkaian kegiatan lain, diantaranya; Quiz online untuk anak-anak dan dewasa, kemudian launching program “One Home One Hafizh”, serta pemberian hadiah sebagai bentuk apresiasi kepada anak-anak inspiratif hafalan Al-Qur’an 30 Juz dari usia SD hingga SMA.

Testimoni positif datang dari peserta, salah satunya dari Bapak Mardiyono, Gamping. Menurutnya, acara pelita bisa dilanjutkan karena sangat bermanfaat memberi semangat membaca Al-Qur’an. Adapun Bu Lily Tania dari Depok mengungkapkan harapannya agar acara PELITA ini diselenggarakan setiap bulan.

Berikut nama-nama pemenang Quiz dan penerima Doorprize.

Kategori FOTO/VIDEO

1. Dina Fatimah
DPC Godean

2. Sarnati
DPC Ngemplak

Kategori Video
1. Muslimah
2. Siti Purwandari
DPC Kalasan

Kategori Tilawah Terbanyak:

🥇Dewasa:
☘️Kurnia Nurul Rohmi -Ngemplak (33 Juz)
☘️ Muhammad Sholih -Ibbas (30 Juz),
☘️Sanudin -Prambanan (30 Juz)

🥇 SMA:
☘️Muhammad Hafidz Al Ghozy (Prambanan/anak dari Dwi Wahyono) 30 juz
☘️ Raihanah Yumna -Ngemplak (26 Juz),
☘️Sania fadila – Ngemplak (25 Juz)

🥇 SMP:
☘️Muhammad Imad Aqil -Ngaglik (anak dari Setiaji hs) 15 Juz,
☘️Saiffatah Hamas izzahudin – Prambanan (anak dari Lutfina sahroni) 10 Juz,
☘️Zahra Adha Nabila – Mlati (anak dari Sapari – Sery Kustiati) 10 Juz

🥇SD:
☘️Sa’id Ahmad Ar-Rasyid-Ngemplak (anak dari Indra Gumilar) 19 Juz,
☘️Haura Nabila G-Prambanan (anak dari Lutfina sahroni) 14 Juz
☘️Muthia Khansa Najla – Prambanan (anak dari Lutfina sahroni) 10 Juz

🌱 Penanya saat sesi Taujih
1. Muthiah, Ngaglik
2. Pak Eko Zulkifli, Depok
3. Dewi, Mlati
4. Bu Umi Munawiroh, Depok
5. Haryono, Berbah
6. Anita Fitriani, Gamping
7. Sumaryatin, mlati
8.Riris, depok

Via youtube
1. Mita seftyaningrum
2. Dinu Azmi

 

Salah satu Peserta dengan predikat Anak Inspiratif Tahfizh Qur’an; Maryam Nashir didampingi saudara-saudaranya.

 

Taujih Ustadz Abdul Aziz, Lc.