Nuzulul Qur’an diperingati sebagai malam turunnya Al Qur’an ke muka bumi. Dengan Al Qur’an sebagai kitab suci umat Islam, maka Nuzulul Qur’an menjadi sebuah hari yang sakral untuk diperingati.
DPD PKS Sleman menggelar acara Pengajian Nuzulul Qur’an Rabu malam (28/4) di Ngaglik, Sleman. Dengan tema “Bersama Membumikan Islam Rahmatan Lil’alamin”, acara pengajian ini diisi oleh KH. Dr. Muhammad Wildan, MA, Wakil Ketua MUI Kabupaten Sleman.
Dr. Muhammad Wildan memaparkan tema-tema keislaman di Indonesia dengan beragam tantangan di masa depan. Menurutnya, salah satu tantangan dakwah Islam di nusantara adalah bagaimana Gerakan Islam bisa hadir di tengah masyarakat sebagai gerakan wasathiyah (pertengahan) untuk memberikan solusi atas kehidupan yang terjadi di masyarakat.
“Dakwah yang kita lakukan semestinya mengayomi segala kelompok, itu yang dikedepankan. Dan saya mengakui yang dilakukan PKS sangat bagus. Saya menyampaikan apresiasi yang banyak. Kalau saya punya jempol banyak, tentu saya kasih jempol banyak,” ujarnya sambil mengacungkan jempol ala netizen memberi like pada postingan.
Menurutnya, politik tidak sekadar tempat mencari jabatan, kekayaan, atau kehidupan duniawi, melainkan menjadi salah satu pengejawantahan ideologi untuk membumikan nilai-nilai Islam yang diyakini.
Wildan memaparkan perkembangan Islam yang terus tumbuh di masyarakat seperti semakin maraknya jilbab, menjamurnya perbankan Syariah, gerakan filantropi di masyarakat, hingga Gerakan terbaru anak-anak masjid Jogokaryan untuk mengumpulkan donasi membeli kapal selam pengganti Nanggala 402 yang baru saja tenggelam.
“Nah, dengan beranekaragamnya masyarakat kita, banyaknya organisasi di Indonesia, kalau bisa PKS itu kayak teh Botol Sosro. Apapun organisasinya, PKS Partainya,” kelakar Wildan.
Sementara itu Indra Gumilar S.Si., Ketua DPD PKS Sleman, menyampaikan pentingnya untuk terus membumikan Islam rahmatan lil’alamin dengan mempraktikkan spirit al Qur’an di tengah masyarakat.
Selain dihadiri oleh pengurus inti DPD PKS Sleman, acara ini juga disiarkan online di Channel Youtube PKS TV Sleman.
Dokumentasi: